Mengisi Hari

Tuhan Karuniakan Akal dan Hati untuk Mendekat Pada-Nya

21.9.06

Meninggalkan Udara Belasan Derajat Celcius Dengan Air Mata

Hari-hari Kuliah Kerja Usaha (KKU) yang diselimuti dinginnya udara pegunungan Merbabu di akhiri di kantor kecamatan Getasan, 21 September 2006. Secara resmi, hari itu kami ditarik kembali oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unnes. Sayang, teman-teman dari Teknik Jasa Produksi (TJP) Boga tidak ada yang hadir. Semua sedang praktik jadi guru, PPL.

Malamnya, perpisahan dengan anak-anak mushalla. Sebenarnya saya juga hanya tiga kali ikut mengajar baca Al Qur’an. Namun, ghiroh yang luar biasa dari anak-anak SD di Wates benar-benar mengingatkan betapa berartinya persaudaraan. Meraka memang cepat akrab dengan tim KKU meski baru beberapa waktu kenal.

Malam itu, saya ingatkan mereka untuk menyambut Ramadhan dengan gembira. Mengisinya dengan aktivitas positif. Dan, juga mengulas sedikit fiqih puasa. Aji, Syamsul dan Hanung buat tebak-tebakan plus memberi hadiah kecil.

Ahad berikutnya, sebagian pekerjaan yang belum kelar kai kerjakan. Saya mengajak Pak Slamet ke warnet di Salatiga, mengajari membuka e-mail. Selepas maghrib, tim bersiap pulang. Barang-barang dikemas dalam kardus, siap angkut. Tak dinyana, anak-anak TPQ datang. Mereka terlihat manis dengan rukuh yang masih mereka kenakan. Tangis pun mengiringi kepulangan kami. Ikut terharu juga, hiks...hiks. Semoga masa depan mereka diterangi cahaya Al Qur’an.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home